Pemerintahan

Profil Dan Visi Misi

  • Publis :10 Juni 2016
  • 906 x dibuka
  • Profil Dan Visi Misi

    Keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah sangat ditentukan oleh kualitas dan kemampuan SDM aparaturnya. Pengembangan SDM aparatur sebagai penyelenggara daerah ditentukan oleh saling keterkaitan antara faktor-faktor penentu, yaitu organisasi/kelembagaan, mekanisme kerja, SDM aparatur dan tersedianya sarana dan prasarana pendukung lairnya. Dalam upaya membangun aparatur Pemerintah daerah sesuai dengan jiwa otonomi daerah daerah dan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik (Good Governance). Maka harus dihadapi tantangan-tantangan antara lain :

    01 Kemampuan untuk melakukan penataan struktur organisast yang efektif dan efisien yaitu miskin aparatur dan kaya fungsi.

    02Peningkatan kualitas SDM Aparatur melalui berbagai pendidikan dan pelatihan formal dan informal baik didalam maupun luar negeri. Hal ini akan lebih dapat mengembangkan wawasan berpikir yang luas, sehingga mempunyai kemampuan untuk menghadapai persoalan-persoalan lokal, regional maupun pada tingkat global.

    03Peningkatan mekanisme dan tata kerja yang disertai dengan kinerja aparatur. Hal ini dapat dilakukan melalui ketaatan kepada struktur organisasi serta aturan - aturan yang berlaku sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari unit kerja masing-masing.

    04 Kemampuan untuk pengadaan prasarana pendukung lainnya dalam menunjang pelaksanaan tugas aparatur, sejak dari tahap perencanaan, pelaksanaan maupun tugas pengawasan.

     

    Pemerintahan abad XXI diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan (Stakeholder). Oleh sebab itu kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah merupakan syarat mutlak untuk terlaksananya pelayanan prima kepada masyarakat. Disamping itu, masyarakat diharapkan dapat berperan untuk menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial.

    Pegawai Negeri sebagai aparatur pemerintah mempunyai peran cukup strategis karena merupakan Penyelenggara pemenrintahan umum dan pembangunan, yang berfungsi sebagai administrator pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan. Aparatur pemerintah Daerah dituntut untuk mengembangkan sikap keprofesionalan sehingga mampu mengadaptasi perubahan yang sangat cepat serta mampu mendorong berkembangnya sektor-sektor perekonomian dan sosial kemasyarakatan.

    Dengan demikian daerah dapat memanfaatkan kewenangannya secara komparatif (Comparative Advantage) sehingga daerah dapat tetap eksis, bahkan lebih maju dan secara bertahap dapat menciptakan kemandirian daerah.

     

    Visi

    Mewujudkan SDM yang Berkualitas dan Profesional

    Misi

    Pembinaan, Pengembangan serta Peningkatan Kapasitas Aparatur Daerah yang Berkualitas dan Profesional.